Diposting blog saya kali ini akan membahas tentang New Media yang sedang hangat dibicarakan oleh khalayak umum. Oke, langsung saja kita mulai mengulas seputar informasi yang sudah saya jelajahi :)
New Media
New
media adalah media baru yang merupakan wadah dari perkembangan ilmu teknologi
yang secara tidak langsung mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di
lingkungan masyarakat. Dalam situasi ini banyak sekali contoh media-media baru
mulai dari media elektronik sampai ke media cetak. Media elektronik pada zaman
dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan berita-berita secara
langsung melalui radio dan setelah ada televisi masyarakat mulai meninggalkan
radio dan pada zaman modern seperti sekarang ini mulai berkembang dengan cepat
internet yaitu jaringan antar komputer yang dapat menghubungkan langsung antara
satu komputer ke komputer lainnya di seluruh penjuru dunia yang mempunyai
alamat internet masing-masing yang dinamakan web. Setelah adanya internet kita
dapat menambah interaksi terhadap masyarakat dunia melalui jejaring sosial yang
terdapat pada internet yang saat ini telah menjadi jembatan seseorang untuk
berhubungan secara tidak langsung terhadap orang lain dimanapun dia berada dan
menjadi sebuah dunia baru yang sering disebut dengan dunia maya. Dampak dari
new media yang telah disebutkan diatas tadi yaitu internet memiliki beberapa
pengaruh positif dan negatif. Internet sangat berpengaruh positif asalkan
digunakan dengan benar, seperti dibidang budaya maupun pendidikan misalkan saja
pada budaya internet menjadi sebuah wadah untuk memperkenalkan budaya-budaya
dari masing-masing daerah maupun negara.
Komponen New Media
Komponen New Media
- Internet
& Web
-
Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs
(Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs
(Compact Discs)
-
Portable Media Player.
- Mobile
Phone.
- Video
Game/ Game Computer.
- Virtual
Reality.
Komponen
dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart
Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita
dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter,
Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
Dengan
SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau
juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan
di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian
sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru.
Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat
mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita
untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer
dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita
mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan,
antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet.
Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
Pengertian Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)
§ Augmented Reality, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan
ataupun tiga dimensi ke
dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu
memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak
seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan
kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Benda-benda
maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya
sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu
persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang
ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan
dalam dunia nyata. Realitas
tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain
digunakan dalam bidang-bidang sepertikesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti
pada telepon genggam.
§ Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk
berinteraks idengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan objek
nyata maupun imajinasi. Dengan manggunakan teknologi Virtual Reality perusahaan
dapat dengan mudah mengumpulkan reaksi konsumen terhadap rancangan mobil baru,
tata letak interior rumah,eksterior rumah, dan tawaran potensial yang
lainnya (Philiph Kotler). VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling
Language. VRML sendiri adalah suatu format komputer yang dapat menjelaskan object
3 dimensi untuk digunakan secara online maupun off line. VRML memiliki
kemampuan menampilkan object 3 dimensi statis maupun dinamis dan object
multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film. Berdasarkan
badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua standard. Bagian pertama
merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi
standard dantext encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian kedua ialah
(ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan
VRML dengan tata muka eksternal.
Aplikasi-aplikasi New Media
1. FACEBOOK
Siapa
sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas
jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini.
Facebook
adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh
seorang mahasiswa Harvar d yang bernama Mark Zuckerberg.
Fitur
fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan
social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall,
photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games,
ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
2. YOUTUBE
Nah,
aplikasi new media yang satu ini juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat
Indonesia bahkan dunia. Ini merupakan fasilitas video sharing yang paling
banyak digunakan masyarakat dunia.
YouTube
adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan
pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven
Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei
2006 YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat,
menonton, dan berbagi klip videosecara gratis. Umumnya video-video di YouTube
adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format
yang digunakan video-video di YouTube adalah .flvyang dapat diputar di
penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
3. WIKIPEDIA
Kalau
aplikasi new media yang satu ini bukan merupakan salah satu dari bentuk social
networking yang banyak dikenal, karena Wikipedia ini merup akan salah satu
fasilitas edukasi yang ditawarkan yang pengaksesannya menggunakan media
elektronik seperti internet.
Keistimewaan
Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah
ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di
dalam almanak, majalah, spesialis, dan topik topik berita yang masih hangat.
Wikipedia berawal
sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas daring yang artikelnya
ditulis oleh para ahli Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy
Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001
di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi
diluncurkan.
Contoh Augmented Reality (AR)
Contoh Virtual Reality (VR)
Oke, cukup sekian informasi yang saya berikan di blog saya ini. Maaf bila ada kekurangan, terima kasih :)
Resensi :
www.wikipedia.co.id
ml.scribd.com/doc/46940245/Virtual-Reality
Tidak ada komentar:
Posting Komentar