Kamis, 18 Oktober 2012

Mengenal New Media :)


Diposting blog saya kali ini akan membahas tentang New Media yang sedang hangat dibicarakan oleh khalayak umum. Oke, langsung saja kita mulai mengulas seputar informasi yang sudah saya jelajahi :)

New Media

New media adalah media baru yang merupakan wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. Dalam situasi ini banyak sekali contoh media-media baru mulai dari media elektronik sampai ke media cetak. Media elektronik pada zaman dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan berita-berita secara langsung melalui radio dan setelah ada televisi masyarakat mulai meninggalkan radio dan pada zaman modern seperti sekarang ini mulai berkembang dengan cepat internet yaitu jaringan antar komputer yang dapat menghubungkan langsung antara satu komputer ke komputer lainnya di seluruh penjuru dunia yang mempunyai alamat internet masing-masing yang dinamakan web. Setelah adanya internet kita dapat menambah interaksi terhadap masyarakat dunia melalui jejaring sosial yang terdapat pada internet yang saat ini telah menjadi jembatan seseorang untuk berhubungan secara tidak langsung terhadap orang lain dimanapun dia berada dan menjadi sebuah dunia baru yang sering disebut dengan dunia maya. Dampak dari new media yang telah disebutkan diatas tadi yaitu internet memiliki beberapa pengaruh positif dan negatif. Internet sangat berpengaruh positif asalkan digunakan dengan benar, seperti dibidang budaya maupun pendidikan misalkan saja pada budaya internet menjadi sebuah wadah untuk memperkenalkan budaya-budaya dari masing-masing daerah maupun negara.

Komponen New Media

Komponen New Media
- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

Pengertian Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

§         Augmented Reality, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang sepertikesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

§        Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk berinteraks idengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan objek nyata maupun imajinasi. Dengan manggunakan teknologi Virtual Reality perusahaan dapat dengan mudah mengumpulkan reaksi konsumen terhadap rancangan mobil baru, tata letak interior rumah,eksterior rumah, dan tawaran potensial yang lainnya (Philiph Kotler). VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language. VRML sendiri adalah suatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3 dimensi untuk digunakan secara online maupun off line. VRML memiliki kemampuan menampilkan object 3 dimensi statis maupun dinamis dan object multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film. Berdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua standard. Bagian pertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dantext encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan VRML dengan tata muka eksternal.

Aplikasi-aplikasi New Media

1. FACEBOOK
     Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini.
     Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvar d yang bernama Mark Zuckerberg.
    Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.

 

2. YOUTUBE
    Nah, aplikasi new media yang satu ini juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Ini merupakan fasilitas video sharing yang paling banyak digunakan masyarakat dunia.
  YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip videosecara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flvyang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.

3. WIKIPEDIA
    Kalau aplikasi new media yang satu ini bukan merupakan salah satu dari bentuk social networking yang banyak dikenal, karena Wikipedia ini merup akan salah satu fasilitas edukasi yang ditawarkan yang pengaksesannya menggunakan media elektronik seperti internet.
    Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah, spesialis, dan topik topik berita yang masih hangat. 
   Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas daring yang artikelnya ditulis oleh para ahli Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.



Contoh Augmented Reality (AR)

Contoh Virtual Reality (VR)


Oke, cukup sekian informasi yang saya berikan di blog saya ini. Maaf bila ada kekurangan, terima kasih :)



Resensi :
www.wikipedia.co.id
http://tekno.kompas.com/read/2012/05/02/00265964/Masa.Lalu.Kini.dan.Masa.Depan.Teknologi.Augmented.Reality.



ml.scribd.com/doc/46940245/Virtual-Reality





Tidak ada komentar:

Posting Komentar