Sejarah web
Penemu situs web adalah Sir Timothy John Tim Berners-Lee,
sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada
tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan
tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia
bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat
dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat
digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil
kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu
organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada
sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs
web bisa berisi pranala yang
menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini
terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun
perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak
begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web
umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk
menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan
atas protokol HTTP yang
disebut sebagai Server HTTP(bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP
Server, atau Internet
Information Services (IIS).
PENGEMBANGAN
WEBSITE
Pengembangan Web adalah istilah luas untuk
pekerjaan yang terlibat dalam mengembangkan situs web untuk internet (
World Wide Web ) atau Intranet (jaringan pribadi). Hal ini dapat
mencakup desain web , pengembangan konten web , penghubung klien,
sisi klien / server-sidescript , web server dan keamanan
jaringan konfigurasi, dan e-commerce pembangunan. Namun,
kalangan profesional web, "web development" biasanya mengacu pada
non-desain aspek utama membangun situs web: menulis mark up dan
coding . Pengembangan web dapat berkisar dari mengembangkan halaman
statis sederhana tunggal teks biasa ke berbasis web yang paling kompleks
aplikasi internet , bisnis elektronik , atau layanan jaringan social.
Untuk
organisasi yang lebih besar dan bisnis, tim pengembangan web dapat terdiri dari
ratusan orang ( web developer ). Organisasi yang lebih kecil mungkin
hanya memerlukan permanen atau kontrak tunggal webmaster ,
atau tugas sekunder untuk posisi pekerjaan yang terkait seperti desainer
grafis dan / atau sistem informasi teknisi. Pengembangan Web
mungkin merupakan upaya kolaborasi antar departemen bukan domain dari sebuah
departemen yang ditunjuk.
PRA WEB : Memex, Hypertext, Usenet,
FTP, dan Ghoper
Sebelum kita mengenal tentang Web science, kita perlu mengerti dari kata
itu sendiri dan apa saja yang berhubungan dengan web science. Disini saya
mengenalkan tentang Memex, Hypertext, Internet, usenet,
ftp, dan gopher untuk memberikan sebuah pengenalan dari web science dan
perngertiannya.
1.
Memex
Memex ( berasal dari "memori" dan "index") adalah nama dari sistem proto hypertext
hipotetis yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 di Artikel
Atlantic Monthly As We May Think (AWMT). Bush membayangkan memex sebagai
perangkat di mana individu akan kompres dan simpan semua buku-buku mereka,
catatan, dan komunikasi, mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi
kecepatan dan fleksibilitas. Memex akan memberikan suplemen penting dan
diperbesar ke memori seseorang. Konsep memex mempengaruhi perkembangan sistem
hypertext awal (akhirnya mengarah pada pembentukan World Wide Web) dan
perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
Teknologi yang digunakan akan menjadi kombinasi kontrol elektromekanik,
kamera mikrofilm dan pembaca, semua terintegrasi ke dalam meja besar. Sebagian
perpustakaan mikrofilm akan telah terkandung dalam meja, tetapi pengguna bisa
menambah atau menghapus gulungan mikrofilm.
Memex akan menjadi semacam file pribadi mekanik dan perpustakaan. Ini akan
menggunakan penyimpanan mikrofilm, fotografi kering, dan komputasi analog untuk
memberikan sarjana pasca perang akses ke repositori, besar diindeks
pengetahuan. Setiap bagian yang bisa disebut dengan beberapa penekanan tombol.
Visi dari memex mendahului, dan dikreditkan sebagai inspirasi bagi kita,
sistem pertama hypertext praktis dari tahun 1960-an. Bush menggambarkan visi
memex dan lainnya dari "As We May Think" sebagai proyeksi dari
teknologi yang dikenal pada tahun 1930 dan 1940 - dalam semangat Jules Verne
atau 1945 usulan Arthur C. Clarke untuk mengorbit satelit geosynchronous untuk
telekomunikasi global. The memex diusulkan oleh Bush akan menciptakan jejak
link yang menghubungkan urutan frame mikrofilm, daripada link dalam pengertian
modern di mana hyperlink menghubungkan kata frase tunggal atau gambar dalam
dokumen dan tujuan lokal atau remote.
Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam
informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari
layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar
sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke
item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang
tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang
menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex
sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai
koneksi dalam berlembar-lembar informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan
kompleks alat untuk menciptakan pengetahuan namun lebih canggih yang pada
gilirannya dapat digunakan terhadap pekerjaan ini The memex telah dibayangkan.
sebagai sarana mengubah ledakan informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini
tetap menjadi salah satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas,
menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang
sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor
baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat
ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush
jika link tidak harus secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti
link hanya dengan menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk
menciptakan AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian
besar dari Web.
2.
Hypertext
Hypertext adalah teks
yang ditampilkan pada layar komputer atau perangkat elektronik lainnya dengan
referensi hyperlink ke teks lain yang pembaca dapat langsung mengakses, biasanya
dengan satu klik mouse, urutan menekan tombol atau dengan menyentuh layar. Selain
teks, hypertext kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan tabel, gambar, dan bentuk
lain konten presentasi dengan hyperlink. Hypertext adalah konsep yang mendasari
mendefinisikan struktur dari World Wide Web. Ini memungkinkan koneksi mudah digunakan
dan fleksibel dan berbagi informasi melalui Internet.
Dokumen hypertext
dapat menjadi statis (dipersiapkan dan disimpan di muka) atau dinamis
(terus-menerus berubah dalam menanggapi input pengguna, seperti halaman web
dinamis). Static hypertext dapat digunakan untuk referensi silang koleksi data
dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau buku-buku tentang CD. Sebuah
sistem yang dibangun dengan baik juga dapat menggabungkan antarmuka pengguna
lainnya konvensi, seperti menu dan baris perintah.
Link yang digunakan
dalam dokumen hypertext biasanya mengganti bagian saat hypertext dengan dokumen
tujuan. Sebuah fitur yang kurang dikenal dan digunakan adalah StretchText, yang
mengembang atau mengontrak isi di tempat memberikan kontrol yang lebih kepada
pembaca dalam menentukan tingkat detail dari dokumen yang ditampilkan.
Hypertext dapat mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan dinamis
menghubungkan dan referensi silang. Implementasi paling terkenal dari hypertext
adalah World Wide Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.
Keuntungan
penulisan menggunakan teknologi hypertext adalah bahwa makna dari cerita dapat
disampaikan melalui rasa spasialitas dan perspektif yang bisa dibilang unik
untuk lingkungan digital jaringan. Penggunaan kreatif pengarang dari node,
mandiri unit arti di dalam narasi hypertextual, bisa bermain dengan orientasi
pembaca dan menambahkan makna ke teks.
3.
Internet
Internet adalah
sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang menggunakan
standar Internet protocol suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di
seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan
pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal untuk lingkup
global, yang dihubungkan oleh sebuah array yang luas dari teknologi jaringan
elektronik, nirkabel dan optik. Internet membawa berbagai pilihan sumber daya
informasi dan layanan, seperti antar-linked hypertext dokumen dari World Wide
Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung email.
Asal-usul Internet
mencapai kembali ke penelitian tahun 1960, ditugaskan oleh pemerintah Amerika
Serikat untuk membangun kuat, fault-tolerant, dan didistribusikan jaringan
komputer. Dana tulang punggung baru AS oleh National Science Foundation pada
1980-an, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial lainnya,
menyebabkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi jaringan
baru, dan penggabungan banyak jaringan. The komersialisasi dari apa yang oleh 1990-an
jaringan internasional mengakibatkan mempopulerkan dan penggabungan ke dalam
hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada Juni 2012, lebih dari 2,4
miliar orang-lebih dari sepertiga manusia di dunia populasi telah menggunakan
jasa Internet.
Sejak pertengahan
1990-an Internet telah memiliki dampak yang luar biasa pada budaya dan
perdagangan, termasuk meningkatnya komunikasi instan dekat melalui email,
instant messaging, Voice over Internet Protocol (VoIP) "panggilan
telepon", dua arah panggilan video interaktif, dan World Wide Web [23]
dengan forum diskusi nya, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online.
Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi
dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbit / s,
10-Gbit / s, atau lebih. Internet terus berkembang, didorong oleh jumlah
semakin besar informasi online dan pengetahuan, perdagangan, hiburan dan
jaringan sosial.
Internet memungkinkan fleksibilitas lebih besar dalam jam kerja dan lokasi,
terutama dengan penyebaran unmetered koneksi berkecepatan tinggi. Internet
dapat diakses hampir di mana saja dengan cara banyak, termasuk melalui
perangkat internet mobile. Ponsel, datacards, konsol game genggam dan router
seluler memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet secara nirkabel.
Dalam keterbatasan yang ditetapkan oleh layar kecil dan fasilitas terbatas
lainnya seperti perangkat berukuran saku, layanan Internet, termasuk email dan
web, mungkin tersedia. Penyedia layanan dapat membatasi layanan yang ditawarkan
dan data mobile biaya mungkin jauh lebih tinggi daripada metode akses lainnya.
Internet juga memungkinkan pengguna komputer untuk mengakses remote
komputer lain dan menyimpan informasi dengan mudah, dimanapun mereka berada.
Mereka mungkin melakukan hal ini dengan atau tanpa keamanan komputer, yaitu
otentikasi dan teknologi enkripsi, tergantung pada persyaratan. Hal ini
mendorong cara-cara baru bekerja dari rumah berbagi, kolaborasi dan informasi
di banyak industri.
4.
Usenet
Seperti artinya
usenet adaah cara kita menggunakan sebuah internet, disini banyak sekali cara
seseorang menggunakan internet dimulai dengan menggunakan WWW (World Wide Web)
sampai kelebihan dan kekurangan dari sebuah internet.
Dijelaskan mulai
dari Infrastruktur komunikasi Internet
terdiri dari komponen perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang
mengontrol berbagai aspek arsitektur.
Sementara perangkat keras sering dapat digunakan untuk mendukung sistem
perangkat lunak lain, itu adalah desain dan proses standarisasi yang ketat dari
arsitektur perangkat lunak yang mencirikan Internet dan memberikan fondasi
untuk skalabilitas dan sukses.
Komponen yang paling menonjol dari model internet adalah Internet Protocol
(IP), yang menyediakan sistem pengalamatan (alamat IP) untuk komputer di
Internet. IP memungkinkan internetworking dan pada dasarnya menetapkan internet
itu sendiri. Versi IP 4 (IPv4) adalah versi awal yang digunakan pada generasi
pertama dari internet hari ini dan masih digunakan dominan.
Banyak orang menggunakan internet dan istilah World Wide Web atau hanya
Web, bergantian, tetapi dua istilah yang tidak sama. World Wide Web adalah
sistem pencarian sebuah situs. Dunia Web Lebar perangkat lunak browser, seperti
Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Apple Safari, dan Google
Chrome, memungkinkan pengguna menavigasi dari satu halaman web yang lain
melalui hyperlink tertanam dalam dokumen. Dan ada beberapa bagian dari internet
yang dapat digunakan atau di akses yaitu :
Media streaming adalah pengiriman real-time media digital untuk konsumsi
langsung atau kenikmatan oleh pengguna akhir. Contoh : Digital media streaming
dan Webcam. File sharing adalah contoh dari mentransfer sejumlah
besar data di Internet.
5.
FTP
File Transfer Protocol
(FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari
satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet.
FTP dibangun pada
arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan sambungan data antara
klien dan server [1] FTP pengguna dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in
yang jelas-teks protokol, biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi
dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu.
Untuk transmisi aman yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan
mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH
File Transfer Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai
pengganti, tetapi teknologi yang berbeda.
Aplikasi FTP client
pertama adalah baris perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem operasi
memiliki antarmuka pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows kebanyakan,
Unix, dan sistem operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan utilitas otomatisasi
telah sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat
keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi produktivitas, seperti
editor halaman Web. Ada beberapa
metode aman mentransfer file yang telah disebut "Secure FTP" pada
satu titik atau lain.
FTP dapat berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana
koneksi data didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol TCP ke
server dan mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan
kemudian menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP
client dan nomor client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang
firewall dan tidak dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat
digunakan. Dalam modus ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim
perintah PASV ke server dan kemudian menerima alamat IP server dan nomor port
server dari server klien yang kemudian digunakan untuk membuka koneksi data
dari port klien untuk alamat IP server dan nomor port server menerima. Kedua
mode yang diperbarui pada bulan September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan
lebih lanjut diperkenalkan ke mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif
diperpanjang.
6.
Ghoper
Protokol Gopher (pron.:
/ ɡoʊfər /) adalah aplikasi TCP / IP protokol lapisan yang dirancang untuk mendistribusikan,
mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain
menu-dokumen, protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam
tahap awal, tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering
dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan oleh tim
yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota, protokol ini
menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki
yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu yang
mudah digunakan, [1] dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat
bergantung pada remote berorientasi teks terminal komputer, yang masih umum pada
waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai
implementasi klien. Gopher revisi yang lebih baru dan klien grafis menambahkan
dukungan untuk multimedia. Gopher disukai oleh banyak administrator jaringan untuk
menggunakan sumber daya jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan struktur hirarki,
Gopher menyediakan platform yang berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan
elektronik pertama pengguna Gopher mengingat sistem sebagai "lebih cepat dan
lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" daripada layanan Web saat ini. Meskipun
sebagian besar digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih
digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher
menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang
Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti
FTP dan Usenet.
Untuk mendapatkan
teks yang Anda inginkan, Anda harus mengklik beberapa link, dan membaca melalui
menu setiap kali sebelum Anda memilih link lain. Namun yang bekerja lebih cepat
daripada orang mungkin berpikir hari ini, dan di masa kejayaan Gopher, banyak
waktu dihabiskan memilih dan mengatur link di layout yang dapat digenggam
sekilas. Gopher menjadi teks-penanganan, dokumen-sistem pengiriman itu
dimaksudkan untuk menjadi. Seorang pengguna bisa menampilkan dokumen teks pada
layar nya, simpan ke file, mencetaknya, atau bahkan e-mail salinan ke orang
lain di Internet. Gopher menjadi klien dominan untuk layanan informasi lainnya:
Server Information Wide Area (WAIS), FTP, dan Archie, database file yang
dipegang oleh sebagian besar anonim utama (publik) situs FTP di Internet.
Awalnya, Gopher bisa mencari hanya satu database WAIS pada satu waktu, dan WAIS
s "relevansi umpan balik" alat (menemukan konten-dokumen sejenisnya)
tidak tersedia.
Link Source :
- http://kumanurmala.blogspot.com/2013/03/pengantar-web-science.html
Link Source :
- http://kumanurmala.blogspot.com/2013/03/pengantar-web-science.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar